1. Manfaat Komputer dalam Bidang Medis
Manfaat Komputer di Rumah Sakit
Komputer banyak digunakan di seluruh rumah sakit untuk berbagai tujuan selain dari administrasi, akuntansi, tagihan, dan janji. Ini benar-benar membantu dokter dalam melakukan berbagai operasi, terutama operasi laparascopic yang mungkin karena komputer dimana dokter memasukkan alat-alat medis dan kamera kecil dan melakukan operasi dengan bantuan komputer dan monitor. Banyak mesin tinggi teknologi dan instrumen bedah diberkahi dengan sistem komputer kecil sehingga setiap proses bedah dicatat dan dimonitor untuk menghindari komplikasi. Banyak proses pencitraan klinis dilakukan dan diperiksa dengan bantuan komputer, seperti sinar X dan CT scan, dll Komputer juga memainkan peran penting dalam melakukan berbagai tes laboratorium klinis dan biologis di rumah sakit yang membantu dalam diagnosis penyakit yang tepat. Banyak pasien kritis siapa yang bacaan detak jantung, denyut nadi, dan otak, dll, perlu dicatat dan dipantau terus menerus, yang diamati melalui komputer. hampir tidak mungkin bagi manusia untuk mencatat setiap gerakan organ internal pasien tetapi komputer melakukannya dengan mudah. Pentingnya komputer dalam kedokteran telah tumbuh begitu banyak bahwa banyak pasien yang harus diberikan dengan dukungan sistem kehidupan juga diatur oleh khusus-satunya sistem komputerisasi. Tersebut adalah dampak komputer pada praktek medis.
2. Manfaat Komputer di Bidang Pengobatan
Penggunaan komputer dalam bidang medis ini juga terkait dengan penelitian dan penemuan di bidang kesehatan. Berbagai Penelitian dilakukan dengan bantuan berbagai aplikasi di komputer Misalnya, mempelajari sel-sel tertentu, mikro organisme, bakteri, dll, mudah mungkin dengan computer . Ini membantu Anda menyimpan semua informasi terkait yang dapat Anda lihat, bila diperlukan.. Satu juga dapat membuat presentasi elektronik penyakit tertentu atau perawatan yang berguna untuk memahami dengan atau peserta pelatihan dokter junior sehingga mereka dapat mempersiapkan diri untuk dan tanpa komplikasi operasi kecil dengan mengambil bimbingan dari dokter senior melalui Dalam seminar dan presentasi kertas pada topik kesehatan terkait, presentasi komputer membuat dampak yang lebih pada penonton. Dengan bantuan jaringan komputer , dokter di seluruh dunia dapat berkomunikasi satu sama lain tentang penemuan baru dan kondisi kesehatan yang unik, dll Semua negara-negara tersebut melakukan studi penelitian dan informasi ini dapat saling berbagi oleh persaudaraan medis dengan bantuan komputer dan teknologi internet. Komputer membuat dunia semakin kecil dan membawa orang bersama-sama.
3. Manfaat Komputer dalam Bidang Pendidikan
Pada awalnya komputer dititikberatkan pada proses pengolahan data, tetapi karena teknologi yang sangat pesat, saat ini teknologi komputer sudah menjadi sarana informasi dan pendidikan khususnya teknologi internet. Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswa yang mempunyai fungsi sebagai Media tutorial, alat peraga dan juga alat uji dimana tiap fungsi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
Sebagai media tutorial, komputer memiliki keunggulan dalam hal interaksi, menumbuhkan minat belajar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa / anak. Tetapi interaksi komputer dengan manusia belum dapat menggantikan interaksi manusia dengan manusia, selain itu mempunyai kelemahan lain yaitu kemauan belajar mandiri yang masih rendah. Komputer sebagai alat uji memiliki keunggulan dalam keobyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika. Yang terakhir, sebagai media alat peraga, komputer mempunyai kelebihan dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko, tetapi membutuhkan waktu dalam pengembangannya.
Sebelum memperkenalkan komputer kepada anak, orangtua maupun guru seharusnya dapat memahami perkembangan pemahaman anak, dimana pada usia 0-2 tahun anak mendapatkan pemahamannya dari penginderaannya. Kemudian usia 2–7 tahun anak mulai belajar menggunakan bahasa, angka dan simbol-simbol tertentu. Pada usia 7–12 tahun anak mulai dapat berpikir logis, terutama yang berhubungan dengan obyek yang tampak langsung olehnya.
Yang saat ini perlu menjadi perhatian bagi orangtua maupun guru adalah bagaimana cara memperkenalkan komputer kepada anak. Hal yang perlu dicoba adalah dengan program-program aplikasi (software) yang bersifat “Edutainment” yaitu perpaduan antara education (pendidikan) dan entertainment (hiburan). Selain itu program (software) aplikasi “Edutainment” tersebut mempunyai kemampuan menumbuhkembangkan kreatifitas dan imajinasi anak serta melatih saraf motorik anak. Contohnya program permainan kombinasi benda, menyusun benda atau gambar (Puzzle) serta program berhitung dan software-software lain yang didukung perangkat multimedia.
Selain program aplikasi (software), dunia internet semakin berarti bagi anak-anak. Internet memungkinkan anak mengambil dan mengolah ilmu pengetahuan ataupun informasi dari situs-situs yang dikunjunginya tanpa adanya batasan jarak dan waktu. Di samping itu masih ada manfaat lain yang didapat dari internet, misalnya surat menyurat (E-mail), berbincang (chatting), mengambil dan menyimpan informasi (download). Untuk perkembangan pendidikan selanjutnya teknologi “Teleconference” (Konferensi interaktif secara on line dari jarak jauh) dirasakan sudah pantas di coba dan dikembangkan, karena dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar serta tidak mengenal letak geografis.
Sumber : http://www.e-smartschool.com
4. Manfaat Komputer dalam Bidang Bisnis atau Usaha
Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.
Di perusahaan dagang seperti department store, telah dipergunakan mesin cash register (mesin kasir) yang dilengkapi dengan kendali komputer sehingga mesin tersebut dapat dikendalikan oleh pihak manajer hanya dari ruang kerjanya secara cepat dan tepat, untuk scanning barcode kode barang dagangan, menghitung laba rugi, inventaris, dan sebagainya.
Di bidang perbankan, salah satu solusi sistem informasi perbankan telah diperkenalkan oleh perusahaan besar seperti Hewlett-Packard (HP), yang bekerja sama dengan Infosys telah memperkenalkan solusi core banking, yang disebut Finacle kepada bank-bank di Indonesia. Finacle memberikan solusi bagi bank yang ingin melakukan up-grade terhadap sistem yang telah mereka miliki. Dengan menggunakan Finacle, up-grade sistem bisa dilaksanakan dengan resiko investasi maupun kegagalan migrasi yang rendah. Ini penting bagi bank-bank agar mampu menghadapi siklus bisnis yang selalu berubah. Dengan solusi terpadu ini – berupa software dan hardware, jaringan, sistem integrasi, serta opsi consulting dan outsourcing – bank juga akan memiliki nilai tambah sehingga menjadi lebih kompetitif.
Perkembangan teknologi informasi telah mempengaruhi kebijakan dan strategi dunia usaha perbankan yang selanjutnya lebih mendorong inovasi dan persaingan di bidang layanan terutama jasa layanan pembayaran melalui bank. Inovasi jasa layanan perbankan yang berbasis teknologi tersebut terus berkembang mengikuti pola kebutuhan nasabah bank. Transaksi perbankan berbasis elektronik, termasuk internet dan menggunakan handphone merupakan bentuk perkembangan penyedia jasa layanan bank yang memberikan peluang usaha baru bagi bank yang kerakibat pada perubahan strategi usaha perbankan, dari yang berbasis manusia (tradisional) menjadi berbasis teknologi informasi yang lebih efisien dan praktis bagi bank. Pada perusahaan jasa seperti perbankan komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM, dan sebagianya.
Komputer juga banyak digunakan untuk proses akuntansi, melakukan analisis keuangan, neraca, laba-rugi, dan sebagainya. Bahkan ada beberapa software yang secara khusus disediakan untuk operasi akuntansi. Di bidang perhotelan komputer digunakan untuk menentukan jumlah dan jenis kamar yang telah terisi dan masih kosong. Bahkan saat ini pada penjualan pertokoan kecil, usaha kecil dan menengah (UKM), apotek dan bermacam.
5. Manfaat Komputer dalam Bidang Arsitektur Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3 sub-kategori:
* Set instruksi (ISA)
*Arsitektur mikro dari ISA, dan
* Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
6. Manfaat Komputer dalam Bidang Meteorlogi
ILMU GRAFIK KOMPUTER UNTUK MENGETAHUI CURAH HUJAN
Ilmu Grafik Komputer pada dasarnya adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin(komputer) dengan jalan membangkitkan, menyimpan, dan memanipulasi gambar model suatu obyek mengunakan komputer. Grafika Komputer memungkinkan kita untuk berkomunikasi lewat gambar-gambar, bagan-bagan, dan diagram-diagram.
Tujuan dari grafik komputer ini adalah untuk memungkinkan manusia berkomunikasi lewat gambar, bagan-bagan, dan diagram.
*Definisi grafik computer
1.Komputer digunakan untuk menampilakn dan memanipulasi informasi dalam format bergambar atau grafis, baik visual-display unit (VDU) atau via printer atau plotter.
2.Manipulasi dan penyajian data bergambar dengan komputer.
3.[ dictionary ]
a)Sekumpulan teknologi yang digunakan untuk menciptakan seni (art) dengan komputer.
b)Seni atau desain yang diciptakan menggunakan teknologi.
b)Seni atau desain yang diciptakan menggunakan teknologi.
4.[science and tecknology encyclopedia]suatu cabang ilmu komputer yang berhadapan dengan teknik dan teori sintesis gambar(image) komputer.
5.[ Marketing terms ]gambar (pictures) yang diciptakan dan dimanipulasi melalui penggunaan alat komputer. Misalnya printer laser,mengapa disebut alat grafika komputer?sebab printer tesbut mengijinkan komputer mengeluarkan gambar.
6.[ Britannica ]Grafika Komputer adalah penggunaan komputer untuk menghaasilkan gambar visual. Pada umumnya, format garfika komputer meliputi GIF, dan JPEG, untuk gambar tunggal , dan MPEG dan Quicktime, untuk gambar multiframe.
7.[ Encyclopedia ]pepindahan data bergambar ke dalam dan ke luar komputer. Penggunaan teknik-teknik konversi analog-to-digitial, berbagai devices curve tracers, digitizers, dan ligth pens-dikoneksikan keterminal grafis komputer ; program computer-aided design, scanner optis adalah untuk menyimpan data bergambar pada komputer digital.
8.[WordNet]yaitu manipulasi dan penyajian data bergambar menggunakan komputer.
9.[Wikipedia]grafik komputer (CG) adalah bidang dari komputasi visual, dimana penggunaan komputer akan menghasilkan gambar visual secara sintetis dan mengintegritasikan atau mengubah informasi mengenai ruang dan visual yang dicontohkan dari dunia nyata.
-> Sistem komputer Grafik
Didalam grafika komputer ini merupakan sistem yang memungkinkan operator untuk berdialog langsung dengan yang terlihat dilayar komputer yang dimana disebut sistem grafika komputer.
-> Keuntungan dari sistem interaktif ini adalah kemudahan meniru dan memanipulasi suatu kejadian di dunia nyata (real world) dilayar komputer.
-> Keuntungan dari sistem interaktif ini adalah kemudahan meniru dan memanipulasi suatu kejadian di dunia nyata (real world) dilayar komputer.
Penggambaran Grafik
-> Dalam penggambaran garfik secara sederhana biasanya dibuat titik cukup banyak sehingga ciri dasar dari grafika sangat jelas.
Ilmu Grafika komputer yang akan saya ambil contoh di sini adalah Ilmu Grafika Komputer di bidang Meteorologi,untuk mengetahui siklus curah hujan pada suatu kawasan serta menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi curah hujan tersebut. Di sini juga untuk memebuat grafika komputer kita menggunkan Analisis wavelet merupakan metode yang umum digunakan pada berbagai bidang disiplin ilmu, salah satunya meteorologi.
-> Dengan menggunakan analisis wavelet pada curah hujan bulanan (time series) disuatu daerah dapat diketahui:
1. Periode curah hujan daerah tersebut apakah setahun, setengah tahun atau memiliki periode lainnya serta kapan terjadinya.
1. Periode curah hujan daerah tersebut apakah setahun, setengah tahun atau memiliki periode lainnya serta kapan terjadinya.
2. Faktor yang mempengaruhi curah hujan daerah tersebut. Misalnya,periode curah hujan daerah tersebut selama setengah tahun,maka dapat disimpulkan bahwa daerah tersebut dipengaruhi monsoon (sebab periode monsoon setiap setengah tahun sekali dan daerah yang dimaksud termasuk daerah yang dipengaruhi monsoon).
3. Beberapa periode yang dominant dan tidak dominant
4. Menentukan pola curah hujan daerah tersebut apakah termasuk daerah : lokal,ekuatorial atau monsoon. Contoh kita bisa menggunakan analisis wavelet interaktif dan dengan memasukan data time series kita bisa mengetahui hasilnya seperti contoh dibawah ini dengan menggunakan data curah hujan denpasar.dat selama tahun 1985-2006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar